Seni dan Kerajinan Indonesia

Seni dan Kerajinan Indonesia

Salah satu dari banyak kesenangan hidup di Indonesia adalah memiliki kesempatan untuk belajar tentang dan mengumpulkan Topeng Baliseni dan kerajinan Indonesia. Keragaman terbukti dalam 300 kelompok etnis plus Indonesia tercermin dalam keragaman bentuk seni. Sama seperti setiap kelompok etnis di seluruh nusantara memiliki bahasa / dialek, masakan, pakaian tradisional dan rumah tradisional mereka sendiri dan mereka juga telah mengembangkan tekstil, ornamen, ukiran dan barang-barang mereka sendiri untuk penggunaan sehari-hari dan perayaan khusus. Warisan budaya seni dan kerajinan yang kaya adalah salah satu kekayaan nasional sejati Indonesia.

Bentuk seni Indonesia dapat mencakup desain yang ditelusuri kembali ke kepercayaan animisme awal, pemujaan leluhur, motif dipengaruhi Hindu atau Buddha yang dibawa oleh pedagang India, simbol dan kepercayaan Cina atau Islam. Pengaruh asing pada bentuk-bentuk seni Indonesia dibawa oleh paparan budaya selama berabad-abad melalui perdagangan. Imigran dari Cina, India, dunia Arab dan kemudian Eropa melakukan perjalanan ke kepulauan untuk mencari rempah-rempah unik yang tumbuh di Indonesia. Para pedagang ini menetap dan membawa tradisi seni yang kaya yang memengaruhi perkembangan seni lokal.

Hari ini kita bisa melihat bentuk seni yang sangat maju di mana pun pengrajin ini memiliki pelanggan di abad yang lalu. Salah satu tempat di mana ini mungkin paling jelas adalah di Yogyakarta di mana keluarga Sultan telah mendukung batik, perak, wayang dan pengrajin lainnya selama beberapa generasi. Dengan perlindungan ini bentuk seni berkembang, menghasilkan beragam bentuk seni saat ini.

Tradisi artistik yang kaya di Bali, di mana secara tradisional setiap orang harus mengembangkan keterampilan dalam bentuk seni tertentu – baik itu tarian, musik, atau seni visual telah mengarah pada penciptaan komunitas artistik yang bersemangat. Seniman asing telah tertarik ke Bali selama berabad-abad karena sinergi budaya yang unik ini.

Kerajinan tangan juga berkembang dari penggunaan barang-barang rumah tangga setiap hari yang didekorasi dan digunakan untuk keperluan upacara. Saksikan beragam penggunaan kayu alami, serat, bambu, rotan, dan rumput. Pewarna alami dan kimia, manik-manik, dan ornamen alami lainnya digunakan untuk mendekorasi benda-benda ini, banyak di antaranya telah berkembang dari waktu ke waktu menjadi bentuk seni yang khas.

Banyak ekspatriat memanfaatkan kesempatan tinggal di Indonesia untuk belajar lebih banyak tentang budayanya, atau untuk memulai Dalang Wayang Kulitkoleksi benda seni atau kerajinan yang mereka sukai. Kami melewati hari-hari awal penjelajahan, melalui sensasi penemuan dan pembelajaran, untuk memburu barang-barang tertentu yang Anda inginkan dan mendapatkan temuan yang benar.

Seringkali ekspat dapat memperoleh barang-barang di Indonesia yang tidak mampu mereka beli di rumah di mana bea masuk dan kenaikan harga eceran membuat harga meroket. Selain itu, pembelian berbagai kerajinan tangan sering dikaitkan dengan kenangan khusus … kenangan indah liburan, tukang dan kesenangan mencari karya yang tepat.

Dengan nilai tukar rupiah yang begitu menguntungkan terhadap sebagian besar mata uang asing – tawaran besar dapat ditemukan di Indonesia! Kunjungi Sarinah Jaya atau Pasaraya di Jakarta untuk pengenalan kerajinan tangan Indonesia yang baik, namun jangan berharap menemukan barang antik sejati di sana. Maka Anda akan lebih tahu apa yang mungkin ingin Anda beli pada perjalanan Anda melalui nusantara.

Boneka kayuJika Anda mengembangkan kecintaan pada item tertentu, cari orang lain yang membagikan hobi baru Anda / kumpulkan dan pelajari sejarah item tersebut bersama-sama. Para ekspatriat yang jatuh cinta pada suatu bentuk seni tertentu bahkan dapat merencanakan perjalanan mereka melalui kepulauan di sekitar minat khusus mereka, melacak dan melihat pembuatan barang-barang di tempat asal mereka.

Salah satu organisasi paling populer di Jakarta bagi mereka yang tertarik untuk belajar lebih banyak tentang budaya Indonesia adalah Indonesian Heritage Society . Amatir menjadi ahli melalui penelitian menggunakan perpustakaan mereka yang luas dan partisipasi dalam kelompok belajar. Kelompok studi dibentuk tergantung pada minat anggota dan dalam beberapa tahun terakhir telah termasuk: tekstil, keramik, wayang, batik dan lain-lain.

Museum di Jakarta dan di kota-kota besar lainnya menampilkan artefak yang tak ternilai dari sejarah Indonesia yang semarak. Bergabunglah dengan tur di Museum Nasional, kunjungi museum Tekstil atau Keris dan Anda akan dengan cepat menemukan warisan budaya seni Indonesia yang kaya. Saat berada di Museum Nasional, ambil salinan Buku Panduan Museum Nasional , yang diterbitkan oleh Indonesian Heritage Society sebagai pengantar yang bagus untuk koleksi tersebut.

Spesialisasi provinsi

Beberapa bulan setelah memulai eksplorasi Anda dari berbagai bentuk seni Indonesia, provinsi-provinsi tertentu akan segera mengambil karakter sendiri melalui bentuk seni yang Anda asosiasikan dengan mereka … Batik Jawa, ukiran Bali, bak bayi Kalimantan, mutiara Maluku, sutra Bugis sarung, tembikar Lombok, senjata tiup Dayak, ikat Sumba dan banyak lagi. Perjalanan Anda ke seluruh Indonesia akan diperkaya oleh paparan Anda terhadap pengembangan berbagai bentuk seni di setiap provinsi.

Simbolisme

Bentuk seni Indonesia kaya akan simbolisme. Naga atau naga mistis; liontin mamuli – simbol kesuburan dari Sumba, pohon kehidupan, binatang buas mitologis Garuda (juga simbol nasional yang ditemukan pada Ukiran Garudasimbol Panca Sila ), semuanya memiliki makna khusus dalam tradisi, mitos, dan kepercayaan Indonesia. Menjelajahi asal-usul desain ini dan apa artinya menarik.

Perang antara yang baik dan yang jahat, kisah-kisah kuno tentang cinta dan peperangan, alam dan surga – semua memiliki makna khusus bagi orang Indonesia di seluruh nusantara. Dewa, iblis, dan ksatria bermukim dalam ukiran Bali dan di daerah lain di mana pengaruh Hindu mendominasi pada suatu titik dalam sejarah. Tumbuhan, hewan (mitologis dan nyata) dan bentuk geometris juga banyak digunakan dan mewakili makna khusus dalam bentuk seni tertentu.

Motif-motif yang diambil dari alam – dedaunan, bunga , gunung, air, awan, binatang sering mewakili simbol-simbol keagamaan atau mistis yang berkaitan dengan bentuk-bentuk awal animisme, kemudian kemudian ke Hindu. Larangan Islam untuk tidak memperlihatkan sosok manusia atau makhluk hidup lain menghambat perkembangan banyak bentuk seni di wilayah-wilayah di mana Islam kuat.

Motif tertentu disukai dan bahkan terbatas pada keluarga kerajaan, terutama dalam desain batik untuk keluarga kerajaan Surakarta dan Yogyakarta (salah satunya disebut keris rusak). Simbol-simbol ini menggambarkan Desain Batik Parangbenda-benda alami sederhana yang penting bagi kehidupan orang Jawa, seperti daun aren atau buah dari pohon kapuk. Warna-warna tradisional biru tua, krem, coklat dan hitam yang digunakan dalam batik telah memberi jalan pada segudang warna menggunakan pewarna impor modern.

Kerajinan tangan dan benda-benda seni berkisar dari barang-barang sehari-hari yang unik untuk Indonesia, hingga barang-barang kolektor yang unik, dengan jangkauan yang sangat luas di antaranya. Apa yang akan Anda beli dan kumpulkan tentu saja tergantung pada apa yang Anda sukai. Untuk memperkenalkan kepada Anda secara singkat berbagai item yang tersedia, kami telah membahas beberapa yang lebih populer di bawah ini:

Tekstil

Keragaman dalam bentuk tekstil Indonesia sangat mencengangkan dan merupakan representasi lain dari Contoh Batikwarisan budayanya yang kaya . Tekstil Indonesia termasuk batik tulis dan cap , yang desainnya membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membuatnya; tenun ikat ganda dari pulau Nusa Tenggara, kain kapal dari Lampung, sarung sutra Bugis dari Sulawesi, kain prada Bali berwarna emas; kain songket berkilauan dari Palembang menggunakan benang perak dan emas dari benang tenun kapas atau ikat sutra; dan tenunan Tapis dari Lampung.

Tenun dari 27 provinsi menggunakan berbagai bahan, metode, warna, dan desain. Terutama dibentuk pada alat tenun belakang, minggu atau bulan dihabiskan untuk menciptakan desain yang rumit untuk penggunaan sehari-hari atau pakaian seremonial. Tenunan ini terutama dikenal dengan teknik berbeda yang digunakan untuk membuat desain yang berbeda.

Simbolisme berbagai kelompok etnis tampak jelas dalam ragam tekstil. Warna, bentuk, dan pengaturannya semuanya memiliki makna khusus. Desain tertentu hanya bisa dipakai oleh wanita atau pria, atau hanya oleh Ikat Tekstilanggota keluarga kerajaan atau bangsawan.

Tekstil khusus dikenakan atau dipertukarkan dalam siklus kehidupan atau hak-hak upacara bagian merayakan kelahiran, sunat, pubertas, pernikahan, melahirkan anak dan kematian. Tekstil memainkan peran penting dalam banyak acara dan upacara tradisional.

Catatan tertulis yang berasal dari abad keempat belas mendokumentasikan pentingnya tekstil dalam kehidupan sosial dan keagamaan orang Indonesia. Pakaian tradisional yang sangat khas, atau pakaian adat , terbaik menunjukkan keragaman penggunaan tekstil di seluruh nusantara. Gaun pengantin yang lebih rumit menampilkan yang terbaik dari tradisi perhiasan tekstil dan perhiasan masing-masing provinsi.

Wayang – Boneka

Boneka telah digunakan selama berabad-abad di Indonesia untuk menceritakan kisah-kisah epos kuno, Ramayana dan Wayng KulitMahabarata, serta mitos kuno. Cerita-cerita modern juga memanfaatkan bentuk seni kuno ini untuk khalayak kontemporer.

Wayang jatuh ke dalam dua klasifikasi utama – wayang kulit – kulit atau wayang kulit Jawa Tengah, dan wayang golek – boneka kayu Jawa Barat. Ada beberapa jenis boneka kayu. Beberapa ekspatriat menikmati pengumpulan karakter yang sama oleh berbagai pengrajin, atau semua karakter dalam adegan atau cerita, atau hanya karakter yang sesuai dengan keinginan mereka. Orang baik, orang jahat, dewa, setan, bangsawan, raksasa, badut, pangeran dan puteri dan monyet … semua dapat ditemukan dalam bentuk wayang tradisional.

Yang jarang terlihat adalah Wayang Klitik, boneka kayu pipih. Tautan ke situs-situs dengan informasi tentang wayang

Mainan dan Permainan Tradisional

Permainan papan congklak, atau papan dakon dibawa ke Indonesia oleh pedagang India atau Arab berabad-abad yang lalu. Terbuat Dewan Congklakdari plastik atau kayu, atau sangat diukir oleh pengrajin pengadilan, permainan ini telah dimainkan di Indonesia selama berabad-abad. Contoh papan congklak awal dapat ditemukan di Museum Nasional.

Mainan tradisional dapat ditemukan di seluruh kepulauan dan terjun ke provinsi tidak diragukan lagi akan menghasilkan banyak mainan sederhana yang dibuat oleh penduduk desa untuk anak-anak mereka. Ini dapat dibeli di pasar lokal, kios pinggir jalan atau di dekat tujuan wisata populer.

Selain dari permainan trandisional yang biasanya, di Indonesia juga ada namanya judi trandisional yang bernama judi koin. Kini di Indonesia kamu dapat bermain permainan judi secara online di situs https://www.userbola.win/.

Keramik

Keramik membuat jalan mereka ke Indonesia selama berabad-abad perdagangan dengan Cina dating kembali ke 205 SM. Barang-barang keramik berkisar dari kapal biasa sehari-hari dan piring, sampai potongan-potongan keramik halus yang menjadi pusaka yang diturunkan dari Vas Keramik Birugenerasi ke generasi.

Reproduksi modern dari barang-barang antik ini berlimpah … jadi luangkan waktu untuk mempelajari perbedaan antara barang antik asli dan reproduksi modern. Museum Keramik di Jakarta, kelompok belajar keramik di Indonesian Heritage Society dan banyak buku tentang Keramik akan membantu memperkenalkan Anda pada bentuk seni kuno yang menarik ini.

Lebih terjangkau, namun sama indahnya dengan perhiasan yang terbuat dari pecahan keramik antik yang ditemukan di kota-kota pelabuhan di seluruh nusantara. Sementara sebelumnya piring pecah ini berfungsi sebagai pemberat di kapal-kapal dari Cina, pengrajin modern telah mengubah potongan keramik ini menjadi perhiasan yang indah dan barang-barang berguna lainnya.

Desain keramik kontemporer dapat ditemukan di berbagai barang rumah tangga yang berguna. Gerabah Lombok khususnya populer dengan ekspatriat. Tembikar terakota rumit yang dibuat di desa Kasongan dekat Yogyakarta juga menjadi favorit banyak orang.

Serat dan bahan alami

Berbagai macam barang, baik yang berguna maupun dekoratif dibuat dari serat alami seperti pandan, rotan, bambu dan rumput. Sendok nasi, mangkuk, wadah, alas anyaman, keranjang, kap lampu, kotak, produk kertas alami dan banyak barang lainnya terbuat dari serat alami di Indonesia.

Bambu, sementara eksotis di barat, adalah salah satu tanaman alami paling praktis. Penggunaan bambu di Indonesia sangat Produk Serat Alamibanyak dan orang Indonesia menggunakan bambu secara luas untuk berbagai barang termasuk keranjang, winnows, gelas, ember, perabot dan dinding anyaman di rumah tradisional. Untaian halus yang digunakan untuk penggemar, dompet, tas, topi, keranjang dan barang-barang lainnya. Strip yang lebih besar dan tebal digunakan untuk keranjang bunga, dinding, dan barang-barang lainnya. Sementara bambu pada awalnya digunakan untuk barang-barang praktis di sekitar rumah, ini telah dikembangkan lebih lanjut menjadi barang-barang baru yang laris manis.

Tulang, karet, tempurung kelapa, serat, tanduk dan bahan-bahan alami lainnya digunakan dalam banyak kerajinan rakyat dari pipa tiup, patung-patung, tas, barang-barang penyimpanan, payung dicat, dan bahkan kapal yang seluruhnya terbuat dari cengkeh.

Kerang

Kerang digunakan oleh pengrajin Indonesia untuk membuat berbagai barang bermanfaat, lonceng angin dan perhiasan. Perairan di sekitar lebih dari 17.000 pulau di kepulauan Indonesia telah memberikan banyak keindahan air. Kerang eksotis dapat dibeli dengan sejumlah kecil uang. Namun, berhati-hatilah dalam pembelian Anda karena banyak spesies yang dipanen berlebihan dan kepunahannya hanya masalah waktu. Secara khusus, hindari membeli Nautilus dan kerang raksasa, spesies yang dilindungi yang sudah hampir punah.

Perhiasan

Salah satu bentuk seni terkaya di Indonesia mencerminkan keinginan wanita Indonesia untuk menghiasi pakaian tradisionalnya, yang tidak akan lengkap tanpa berbagai barang perhiasan tradisional. Ornamen yang digunakan dengan pakaian tradisional kaya akan simbolisme dan desain. Dari desain modern dengan emas 22 karat, hingga perhiasan perak kerawang yang rumit dari Yogyakarta, menggunakan batu mulia dan semi mulia, atau plastik modern, kayu atau keramik … ada banyak desain, bahan, dan kisaran harga yang dapat dipilih. Banyak ekspatriat memanjakan kecintaan mereka pada jenis perhiasan tertentu … membeli opal atau perhiasan perak sampai mereka telah membangun koleksi yang cukup mengesankan.

Perhiasan antik (baik asli maupun reproduksi) adalah favorit ekspatriat. Manik-manik perdagangan antik, atau reproduksi mereka, sangat populer.

Mutiara mabe adalah favorit para ekspatriat di Jakarta. Anda dapat membeli mutiara longgar dan membuatnya di desain emas atau perak Anda sendiri di toko perhiasan favorit Anda. Peternakan mutiara memanen mabe dan mutiara air tawar dalam jumlah besar di Lampung, Maluku, dan Sulawesi.

Perjalanan ke pasar permata Jakarta atau Kalimantan adalah petualangan yang menyenangkan dan memberikan pengantar tentang berbagai batu permata yang tersedia di Indonesia. Ini termasuk berlian, mutiara Laut Selatan, opal, safir, batu kecubung dan batu akik berpita. Berhati-hatilah karena banyak batu yang diproduksi … apa yang disebut masakan di Indonesia. Kandungan karat emas seringkali bisa salah diartikan dan batu permata bisa palsu. Bergantung pada toko perhiasan atau toko tepercaya dengan teman-teman yang berpengetahuan luas.

Furnitur antik

Kolonial Belanda yang indah dan perabotan antik lainnya dari abad ke-18 dan 19 populer di kalangan ekspatriat, Kursi goyang Ukir Kayutermasuk tempat tidur opium Bali, unit penyimpanan beras, lemari tua, panel dinding berukir Jawa, pintu, dan meja-meja unik. Potongan-potongan ini mungkin perlu direstorasi atau mungkin sudah diperbaiki atau direkondisi oleh toko-toko.

Banyak toko melayani ekspatriat yang menyukai barang antik dan menjual barang antik atau reproduksi asli. Banyak tersedia juga adalah desain furnitur baru, memanfaatkan kayu tua. Keuntungan dari kayu tua adalah kemungkinannya lebih kecil untuk membelah ketika Anda membawanya kembali ke iklim kering, karena kayu telah dibumbui selama beberapa dekade. Banyak furnitur ‘antik’ yang tersedia sebenarnya adalah furnitur baru yang telah dibiarkan berjemur dan hujan selama berbulan-bulan. usia. perabotan. Berhati-hatilah untuk membeli dari dealer yang dapat dipercaya jika Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan barang antik yang asli.

Ukiran Kayu

3 D Ukiran KayuTradisi dan keterampilan mengukir kayu dapat ditemukan di seluruh kepulauan Indonesia, dengan yang paling terkenal adalah dari Bali, Jawa Tengah, Madura, Sumatra dan Papua. Daerah yang berbeda mengembangkan tradisi yang sangat berbeda sehingga banyak barang yang dapat diidentifikasi dengan segera dibuat oleh kelompok etnis tertentu. Paling populer dengan ekspatriat adalah ukiran gambar kayu Jawa dan Bali, relief tiga dimensi seperti kisi Jepara dan ukiran primitif Irian.

Bahkan di antara ukiran kayu dari provinsi tertentu, perbedaan dalam desain, gaya dan materi pelajaran mudah dibuktikan setelah beberapa penelitian. Suku-suku Irian seperti Asmat, Dani, dan Komoro memiliki gaya ukiran yang sangat khas dari tiang totem, senjata, figur dan peralatan.

Pahatan modern yang aneh dan berwarna cerah diproduksi terutama di Bali. Dan popularitas potongan-potongan ini telah Ukiran Kayu Modern dari Balimempengaruhi tradisi ukiran kayu dari daerah lain juga.

Digunakan pada zaman prasejarah dalam penguburan, penggunaan topeng roh kuno telah memberi jalan kepada topeng yang digunakan dalam banyak tarian tradisional. Topeng yang sangat bergaya ini, topeng, menggambarkan berbagai karakter dalam cerita yang diceritakan oleh tarian. Topeng memungkinkan para pemain untuk mengambil identitas baru dan menggambarkan berbagai karakter dari setan hingga binatang, pangeran atau dewa. Di antara topeng paling terkenal yang digunakan dalam tarian adalah topeng Rangda dan Barong dari Bali. Dalam tarian tradisional ini, yang sering dipertunjukkan untuk turis, interaksi Rangda, mewakili kejahatan, dan Barong, mewakili kebaikan, mengembalikan keharmonisan antara kebaikan dan kejahatan dalam kehidupan.

Sementara topeng untuk dijual di toko-toko terutama dari Jawa Tengah dan Bali, topeng dari kelompok etnis lain digunakan secara luas di masa lalu untuk berkomunikasi dengan leluhur, untuk berkah panen, perlindungan dari roh-roh jahat, untuk mendapatkan kepribadian baru atau kekuatan besar.

Topeng kayuCendana wangi dari Nusa Tenggara tersedia dalam ukiran, obat-obatan, dupa, kosmetik, tasbih, dan barang-barang berguna seperti pena dan kipas. Biasanya disimpan di lemari kaca khusus di toko-toko dan berjalan-jalan melewati kabinet akan dengan cepat memperkenalkan Anda dengan aroma eksotis dari kayu khusus ini.

Kayu yang digunakan dalam ukiran termasuk kayu hitam, jati, mahoni, kayu besi, cendana dan kayu asli lainnya yang kurang dikenal. Harga mungkin sering terkait dengan jenis kayu yang digunakan, karena kayu yang lebih keras lebih sulit untuk dipahat. Karena banyak yang khawatir dengan penebangan hutan kayu tropis, banyak item kayu dibuat dari pohon jati yang dibudidayakan di perkebunan. Cari pelabelan yang menunjuk item tersebut sebagai pemanfaatan kayu jati yang ditanam di perkebunan.

Ukiran Batu

Batuan vulkanik diukir untuk membuat patung yang menggambarkan karakter dari mitos dan epos Indonesia kuno. Ini Ukiran batuterutama ditemukan di Yogyakarta dan Bali di mana tradisi ukiran batu telah ada sejak lebih dari 900 tahun dan sangat berkembang selama pembangunan candi-candi besar di daerah-daerah ini.

Bangka Tin

Barang timah dibuat dengan timah dari Pulau Bangka. Favorit dengan ekspatriat adalah malaikat dalam berbagai ukuran, kandil, bingkai foto, dan hiasan pohon Natal. Ukiran barang timah Bangka sering disajikan oleh berbagai kelompok ekspat kepada anggotanya sebagai pengakuan atas berbagai prestasi.

Toko-toko yang berspesialisasi dalam barang timah Bangka dapat ditemukan di Jakarta di Jl. Paletahan. Toko-toko ini menawarkan diskon signifikan. Menampilkan barang-barang timah Bangka juga dapat ditemukan di pusat seni dan kerajinan utama di Jakarta dan di tujuan wisata populer lainnya.

Lukisan

Lukisan BaliLukisan sebagai bentuk seni benar-benar dikembangkan pada abad ke-19 dan ke-20 dan mencakup lukisan batik, lukisan bergaya Bali yang menggambarkan kehidupan desa dan tradisional serta minyak dan akrilik modern. Pelukis-pelukis Indonesia yang terkenal seperti Raden Saleh, mendapatkan harga tinggi di pasar internasional dan di lelang di Singapura dan Jakarta.

Alat-alat musik

Seiring dengan bentuk-bentuk seni lain yang berkembang dalam keragaman besar di seluruh nusantara, keanekaragaman budaya juga mengarah pada pengembangan tradisi musik yang berbeda, sehingga instrumen yang berbeda. Angklung dari Jawa Barat, Gamelan dari Yogyakarta atau Bali, seruling dan gong dari Jawa Barat adalah koleksi favorit ekspatriat. Tautan Gamelan dan grup Komunitas Expat di Jakarta di mana Anda dapat belajar Gamelan

Kaligrafi

Sementara bentuk seni non-Islam berlimpah karena tradisi Buddha / Hindu yang kaya sejak berabad-abad yang lalu, kaligrafi Islam telah berkembang dalam berbagai bentuk seni juga. Ini termasuk sulaman, ukiran kayu, keramik, lukisan, dan kain Tapis berbordir emas yang indah di Lampung.

Keris keris

Senjata
Keris kuno adalah favorit ekspatriat, serta pipa tiup tulang dari Kalimantan, pedang dan belati. Bowsand panah dan tombak dari Papua juga populer.